Pembinaan Membaca Al-Qur'an melalui program Tahsin untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an Siswa di SMK Al-Islah Palangka Raya

Authors

  • Muhammad kurniawan IAIN Palangka raya
  • Saiful Lutfi Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, IAIN Palangka raya
  • Pahriadi SMKS AL ISHLAH Palangka raya

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v2i6.2883

Keywords:

Pembinaan, Membaca Al-Qur'an, Tahsin, Pendidikan Agama

Abstract

Pembinaan Membaca Al-Qur'an melalui program Tahsin untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an sangat penting dilakukan di kalangan siswa untuk meningkatkan kualitas bacaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembinaan tata cara membaca Al-Qur'an yang sesuai dengan kaidah tajwid dan tahsin terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas 10 di SMK Al Islah Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes kemampuan membaca Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan dengan metode praktik langsung, pengenalan teori tajwid, serta latihan intensif mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap tajwid dan memperbaiki kualitas bacaan sesuai standar tahsin. Implementasi pembinaan ini berdampak positif, terbukti dengan meningkatnya kelancaran, ketepatan, dan keindahan dalam membaca Al-Qur'an. Penelitian ini menyarankan agar sekolah memberikan pembinaan rutin dan menyediakan sumber daya yang memadai, seperti guru yang kompeten dan fasilitas pendukung, guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan karakter religius bagi siswa.

References

Abdullah, Muhammad. (2020). "Implementasi Program Tahfidz dan Tahsin di Sekolah Menengah." Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45-58.

Al-Qaththan, Manna. (2017). Pengantar Studi Ilmu Al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Annuri, Ahmad. (2019). Panduan Tahsin dan Tilawah Al-Qur'an & Pembahasan Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Arifin, Zainal. (2020). "Sistem Evaluasi dalam Pembelajaran Al-Qur'an." Jurnal Evaluasi Pendidikan, 6(2), 78-92.

Asyrofah, S. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Makhārijul Ḥurūf. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 112-127.

Fatoni, Ahmad. (2019). "Metode Pembinaan Tahsin Al-Qur'an di Kalangan Remaja." Jurnal Studi Al-Qur'an, 6(1), 33-48.

Hakim, Lukman. (2021). "Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Tajwid." Jurnal Edutech, 8(1), 34-48.

Hamid, Abdul. (2018). "Penerapan Metode Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an." Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(2), 78-92.

Hidayat, A. (2019). Metode Pembelajaran Al-Qur'an pada Tingkat Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 45-60.

Hidayat, Rahmat. (2019). "Problematika Pembelajaran Al-Qur'an di Sekolah Menengah Kejuruan." Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 45-60.

Kusuma, Wijaya. (2021). "Monitoring dan Evaluasi Program Tahsin Al-Qur'an." Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 45-60.

Mahmud, Ali. (2021). "Implementasi Program Tahsin dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur'an Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 67-82.

Marlina, R. (2022). Sistem Evaluasi dalam Pembelajaran Al-Qur'an. Jurnal Tarbiyah, 10(1), 67-82.

Munir, Ahmad. (2021). "Strategi Pembinaan Baca Al-Qur'an di Era Modern." Jurnal Studi Islam, 8(1), 90-105.

Mustofa, Ali. (2019). "Metode Pembelajaran Al-Qur'an Kontemporer." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 156-170.

Nur, Muhammad. (2021). "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa SMK." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 12-25.

Nurdin, M. (2018). Implementasi Metode Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 34-49.

Nurhayati, Siti. (2020). "Peningkatan Motivasi Belajar Al-Qur'an Melalui Metode Tahsin." Jurnal Studi Islam, 7(2), 88-102.

Rahman, Abdul. (2020). "Efektivitas Program Pembinaan Baca Al-Qur'an di Sekolah Menengah." Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 89-104.

Rahman, Fathur. (2021). "Inovasi Pembelajaran Al-Qur'an di Era Digital." Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 4(1), 67-82.

Rahman, M. (2020). Efektivitas Pendekatan Kombinasi dalam Pembelajaran Al-Qur'an. Jurnal Studi Islam, 12(1), 78-92.

Rahmawati, Fitri. (2020). "Pembelajaran Berkesinambungan dalam Program Tahsin." Jurnal Pembelajaran Islam, 5(2), 123-138.

Shihab, M. Quraish. (2018). Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Syarifuddin, Ahmad. (2020). Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insani.

Zarkasyi, A. (2021). Strategi Pembelajaran Tajwid di Era Modern. Jurnal Studi Al-Qur'an, 7(2), 89-104.

Zarkasyi, Ahmad. (2019). "Efektivitas Metode Tahsin dalam Pembelajaran Al-Qur'an." Jurnal Islamic Studies, 5(2), 112-127.

Downloads

Published

2024-11-18

Issue

Section

Articles