PELATIHAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI TRANSFORMASI PENGAJARAN DUNIA VIRTUAL
DOI:
https://doi.org/10.61722/japm.v3i1.3016Abstract
Pelatihan Augmented Reality (AR) sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk memberdayakan pendidik dalam menghadapi tantangan transformasi pengajaran di era digital. Kegiatan ini difokuskan pada guru-guru dari berbagai jenjang pendidikan, dengan memberikan pemahaman mendalam tentang konsep AR, implementasinya dalam proses pembelajaran, serta pelatihan teknis untuk mengintegrasikan teknologi ini dalam kurikulum. Metode yang digunakan mencakup pelatihan teori, praktik pembuatan konten AR, dan simulasi penggunaannya di kelas. Evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini meningkatkan kemampuan siswa dalam memanfaatkan AR sebesar 78%, serta menghasilkan antusiasme siswa dalam pembelajaran berbasis teknologi. Program ini tidak hanya memberikan keterampilan baru bagi guru, tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman.
Kata Kunci: pengabdian masyarakat, pelatihan AR, transformasi pengajaran, teknologi pendidikan, augmented reality.
References
Cai, S., et al. (2019). "Using Augmented Reality in Math Education". Educational Technology Research and Development.
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Augmented Reality sebagai Med
Radu, I. (2014). "Augmented Reality in Education". Handbook of Augmented Reality.
Sulistiyono, M. (2022). Pelatihan Penerapan Augmented Reality dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran untuk Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat.
Vari, Y., & Bramastia, B. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 di Pembelajaran IPA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL AKADEMIK PENGABDIAN MASYARAKAT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









