Strategi Pemasaran Warung Coto Makassar Dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi Kasus Di Kelurahan Poboya Kecematan Mantikulore Palu)

Authors

  • Nuraisyah Nuraisyah Universitas Tadulako
  • Gita Farista Universitas Tadulako
  • Syarif Permana Salingkat Universitas Tadulako
  • Moh Wahyudin Universitas Tadulako
  • Rofika Ramadani Universitas Tadulako
  • Tasya Namira Budjuhari Universitas Tadulako
  • Rasti Rasti Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i1.3199

Keywords:

Revenue increase; marketing strategy.

Abstract

This research aims to find out how the marketing strategy is applied to increase the income of the coto cafe in Makassar. This research uses a qualitative research method that is conducted directly down to the space or location. The data collection technique used in this research is interviews, using interview guidelines that have been systematically and comprehensively compiled for data collection. The results of the research show that the marketing strategy carried out by Makassar coto stalls in increasing revenue is to always provide coto with more content and maintain the taste, always looking at the quality of the meat purchased and for the service provided by Mr. Leman so that customers feel comfortable, which is to always maintain the cleanliness of the place effort, the quality of products such as buying meat should not be mixed with fat. Warung coto Makassar owned by Mr. Leman has not cooperated with digital platforms such as courier services because the requirements are quite difficult.

References

Simbolon, F. (2013). Strategi Pemasaran Global Di Pasar Indonesia. Management Departement,

School of Businnes Management, Binus University. 4(1), 405-413.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=strategi+pemasaran+global+di+pasar+Indonesia+&btnG=#d=gs_qabs&t=1733202193229&u=%23p%3DerE31Q2Lwd8J

MD, M. & Arianty, N. (2019). Strategi Pemasaran Susu Kedelai Dalam Upaya Meningkatkan

Pendapatan Keluarga. Prosending Seminar Nasional Kewirausahaan. 1(1), 257-264.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=strategi+pemasaran+sus

+keledai+dalam+meningkatkan+pendapatan+keluarga+&btnG=#d=gs_qabs&t=17333

&u=%23p%3DeADHU3US-MYJ

Harini, C. & Yulianeu. (2018). Strategi Penetrasi Pasar UMKM Kota Semarang Menghadapi

Era Pasar Global MEA. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 21(2). 361-381.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=strategi+pemasaran+umkm+kota+Semarang+menghadapi+era+pasar+global+mea&btnG=#d=gs_qabs&t=1733310107862&u=%23p%3DX0ZkL43acPkJ

dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut

Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim. 1(2). 1-11. -299-318.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+strategi+pemasar

n+&oq=#d=gs_qabs&t=1733201386422&u=%23p%3DQMZ9RhfE5eQJ

Handika, M.R., & Darma, G.S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakn

Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. 15(2). 192

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+strategi+pemasaran+&oq=#d=gs_qabs&t=1733201413439&u=%23p%3DwfG3VBR6D-gJ

Harto, D., Pratiwi, S.R., Utomo,M.N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing

Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan

Masyarakat. 3(1). 39-45.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penerapan+internet+mark

eting+dalam+meningkatkan+pendapatan+umkm&btnG=#d=gs_qabs&t=173331358208

&u=%23p%3Dtkz7ZPpqVmMJ

Yunaida, E. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat

Dan Paket Kantor Pos Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan. 6(1). 688-699

https://www.neliti.com/id/publications/196993/analisis-strategi-pemasaran-untuk

meningkatkan-pendapatan-produk-surat-dan-paket

Herlina, N. (2018). Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Home Industry Dengan Cara

Tradisional Dan E-Marketing Dalam Peningkatan Usaha. Jurnal Edukasi : Ekonomi

Dan Akuntansi. 6(2). 293-298.

https://www.researchgate.net/publication/346384450_ANALISIS_KOMPARASI_STRA

EGI_PEMASARAN_HOME_INDUSTRY_DENGAN_CARA_TRADISIONAL_DAN_E

MARKETING_DALAM_PENINGKATAN_USAHA_Studi_Pada_Kelompok_Usaha_Bersam

_Seda_Sakti_Kecamatan_Lumbung

Bailia, J.F.T., Soegoto, A.S., & Loindong, S.S.R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga,

Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan

Di Kota Manado. Jurnal EMBA. 2(3). 1769-1780.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+warung+makan

&btnG=#d=gs_qabs&t=1733314078013&u=%23p%3DBRzuaqZSddwJ

Lestari, R., & Elwisam. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif Dan

Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. Jurnal Riset

Manajemen Dan Bisnis. 4(2). 277-286.

https://images.app.goo.gl/ETDwTA8Y8mWYXL119

Gunawan, K. (2017). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Usaha Para Anggota Baitul

Maal Wat Tanwil. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam. 10(2). 234-257.

https://images.app.goo.gl/7QpRyiiEoHimXZbt9

Sanawiri, B,. & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Malang: UB Press.

Safitri, N.A. (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: K-Media.

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Media.

Budiarto, R., Putero, S.H., Suyatna, H., & Astuti, P. (2015). Pengembangan UMKM: Antara

Konseptual dan Pengalaman Praktis. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasran. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing

Service).

Hamali, A.Y. (2016). Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Jakarta: PT Kharisma

Putra Utama.

Muchson, M. (2017). Buku Ajar Entrepreneurship (Kewirausahaan). Kendiri: Guepedia.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep Dan Strategi). Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada

Amalia, R. (2018). Strategi Pemasaran Warung Coto Makassar Dalam Meningkatkan

Pendapatan (Studi Kasus Di Kelurahan Batupasi Kecamatan Wara Utara Kota Polopo).

IAIN Palopo.

Downloads

Published

2024-12-10

Issue

Section

Articles