PKM Pembuatan Sistem Penilaian Hasil Belajar Siswa SMK Kota Tangerang

Authors

  • Tri Ika Jaya Kusumawati Universitas Budi Luhur
  • Ravindra Safitra Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i1.3456

Keywords:

pengabdian kepada masyarakat, sistem penilaian, hasil belajar, SMK, usability testing, visual studio

Abstract

Penilaian hasil belajar siswa merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan yang berfungsi untuk mengukur sejauh mana pencapaian kompetensi yang diharapkan pada peserta didik. Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Budi Mulia, penilaian tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga keterampilan praktis yang relevan dengan bidang keahlian masing-masing. Artikel ini mengulas pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam pembuatan sistem penilaian hasil belajar siswa SMK yang meliputi penilaian berbasis kompetensi, teknik penilaian yang digunakan, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Metode yang digunakan adalah pendampingan dan pelatihan, sistem yang dibangun menggunakan Visual Studio, evaluasi pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan evaluasi berbasis kuesioner untuk menilai sistem dengan usability testing sederhana dan kualitas pelatihan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu guru dan staf dalam mengolah jadwal dan nilai siswa, serta meningkatkan kemampuan guru untuk dapat mengembangkan sistem. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan penerimaan sistem dengan usability testing  sebesar 81%, sedangkan untuk pelatihan yang diberikan mendapatkan nilai rata-rata 85,33%. Angka ini menunjukkan bahwa hasil kegiatan PKM ini sudah baik dan dapat diterima.  

References

Destiniar Fuadyah, Nyiayu Fahriza, ETY Septiati, and Asnurul Isroqmi. “PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BAGI GURU SMK NEGERI 1 BATURAJA (TRAINING.” Jurnal Berdaya Mandiri 6 (2024): 129–38.

Febriyanti, Rizki, Sari Prabandari, and Kusnadi Kusnadi. “Pemberian Edukasi Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat) Melalui Program ‘Tanya 5 O’ Di SMK Al Amin Tegal.” Smart Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2024): 136–44.

Kusumawati, Tri Ika Jaya, Dinda Triana, and Ravindra Safitra. “PKM Pembuatan Web E-Commerce Dengan CMS Wordpress Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM E-Nambah Kota Tangerang.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 8, no. 2 (2024): 1812–18. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/24123.

Novianti, Ade, Alwen Bentri, and Ahmad Zikri. “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 1 (2020): 194–202. doi:10.31004/basicedu.v4i1.323.

Uska, Muhammad Zamroni, Usuluddin Usuluddin, and Siti Sriatni. “Usability Testing Method: Efisiensi, Efektivitas Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Website SMKN 1 Praya.” EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika 3, no. 2 (2019): 91–98. doi:10.29408/edumatic.v3i2.1708.

Downloads

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles