IMPLEMENTASI KERJA MAHASISWA DALAM PELAYANAN MASYARAKAT DI KELURAHAN LAPADDE PAREPARE
DOI:
https://doi.org/10.61722/japm.v3i2.3997Keywords:
Mahasiswa; Pelayanan Masyarakat; KelurahanAbstract
Administrasi kependudukan yang efisien dan akurat memiliki peran krusial dalam memastikan Lurah Lapadde sebagai unit pelayanan masyarakat perlu melakukan peningkatan administrasi kependudukan untuk memastikan data penduduk terkini dan memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa dalam menganalisis dan menjelaskan secara rinci tentang pelayanan masyrakat dalam peningkatan administrasi kependudukan di Kantor Lurah Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Fokus utama adalah meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kecepatan dalam pengelolaan data kependudukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan petugas administrasi, dan analisis dokumen terkait. Selain itu, survei kepuasan masyarakat juga dilakukan untuk mengevaluasi pelayanan yang diberikan oleh Kantor Lurah. Penelitian ini menghasilkan pemahaman mendalam tentang tantangan dan peluang yang dihadapi oleh Kantor Lurah Lapadde dalam meningkatkan administrasi kependudukan. Implementasi strategi baru, termasuk penggunaan teknologi informasi, pelatihan staf, dan optimalisasi prosedur pelayanan, membawa dampak positif dalam peningkatan efisiensi dan akurasi administrasi kependudukan. Survei kepuasan masyarakat juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.Administrasi kependudukan yang efisien dan akurat memiliki peran krusial dalam memastikan Lurah Lapadde sebagai unit pelayanan masyarakat perlu melakukan peningkatan administrasi kependudukan untuk memastikan data penduduk terkini dan memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa dalam menganalisis dan menjelaskan secara rinci tentang pelayanan masyrakat dalam peningkatan administrasi kependudukan di Kantor Lurah Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Fokus utama adalah meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kecepatan dalam pengelolaan data kependudukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan petugas administrasi, dan analisis dokumen terkait. Selain itu, survei kepuasan masyarakat juga dilakukan untuk mengevaluasi pelayanan yang diberikan oleh Kantor Lurah. Penelitian ini menghasilkan pemahaman mendalam tentang tantangan dan peluang yang dihadapi oleh Kantor Lurah Lapadde dalam meningkatkan administrasi kependudukan. Implementasi strategi baru, termasuk penggunaan teknologi informasi, pelatihan staf, dan optimalisasi prosedur pelayanan, membawa dampak positif dalam peningkatan efisiensi dan akurasi administrasi kependudukan. Survei kepuasan masyarakat juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.
References
Ahmad, M. N. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kantor Kelurahan Sawagumu Kota Sorong. AL-KHIDMAH Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 2(2), 83. https://doi.org/https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/
Hasna Faridah, R. H. (2021). Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Pengantar Nikah Dilihat Dari Aspek Responsiveness (Ketangapan) Pada Kantor Kelurahan Jangkung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. JAPB: Jurnal Administrasi Publik, 4(2), 1045. https://doi.org/Http://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB
Prio Nugroho, Tri Mulyani, A. P. S. (2023). Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Akhir Pekan Dan Malam Hari Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Semarang Law Review (SLR), 3(2), 39.
Ramadianti, E. (2020). Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Kematian Di Kantor Lurah Banjar Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang. Governance, Jurnal S-1 Ilmu Pemerintahan, 5(4), 9. https://doi.org/DOI: http://jurmafis.untan.ac.id
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wati, N. E. A. (2020). Implementasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Tanjung Mas Kota Semarang Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Universitas Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL AKADEMIK PENGABDIAN MASYARAKAT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.