IMPLEMENTASI KERJA MAHASISWA DALAM PELAYANAN MASYARAKAT DI KELURAHAN LAPADDE PAREPARE

Authors

  • Muhammad Hatta Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nurnadilah Nurnadilah Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i2.3997

Keywords:

Mahasiswa; Pelayanan Masyarakat; Kelurahan

Abstract

Administrasi kependudukan yang efisien dan akurat memiliki peran  krusial dalam   memastikan  Lurah Lapadde sebagai unit pelayanan  masyarakat perlu melakukan peningkatan administrasi kependudukan untuk memastikan  data  penduduk  terkini  dan  memenuhi kebutuhan  pelayanan  masyarakat  secara  efektif. Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui peran mahasiswa dalam menganalisis  dan menjelaskan secara rinci tentang pelayanan masyrakat dalam peningkatan administrasi kependudukan di Kantor Lurah Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Fokus utama   adalah meningkatkan  efisiensi,  akurasi,  dan  kecepatan  dalam  pengelolaan  data kependudukan. Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   kualitatif   dan kuantitatif.   Data   dikumpulkan   melalui   observasi   langsung,   wawancara dengan petugas administrasi, dan analisis dokumen terkait. Selain itu, survei kepuasan  masyarakat  juga  dilakukan  untuk  mengevaluasi  pelayanan  yang diberikan   oleh   Kantor   Lurah. Penelitian   ini   menghasilkan pemahaman mendalam  tentang  tantangan  dan  peluang  yang  dihadapi  oleh  Kantor  Lurah Lapadde  dalam  meningkatkan  administrasi  kependudukan. Implementasi   strategi   baru,   termasuk   penggunaan   teknologi   informasi, pelatihan   staf,   dan   optimalisasi  prosedur   pelayanan,   membawa   dampak positif  dalam  peningkatan  efisiensi  dan  akurasi  administrasi  kependudukan. Survei   kepuasan   masyarakat   juga   menunjukkan   peningkatan   signifikan dalam persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.Administrasi kependudukan yang efisien dan akurat memiliki peran  krusial dalam   memastikan  Lurah Lapadde sebagai unit pelayanan  masyarakat perlu melakukan peningkatan administrasi kependudukan untuk memastikan  data  penduduk  terkini  dan  memenuhi kebutuhan  pelayanan  masyarakat  secara  efektif. Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui peran mahasiswa dalam menganalisis  dan menjelaskan secara rinci tentang pelayanan masyrakat dalam peningkatan administrasi kependudukan di Kantor Lurah Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Fokus utama   adalah meningkatkan  efisiensi,  akurasi,  dan  kecepatan  dalam  pengelolaan  data kependudukan. Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   kualitatif   dan kuantitatif.   Data   dikumpulkan   melalui   observasi   langsung,   wawancara dengan petugas administrasi, dan analisis dokumen terkait. Selain itu, survei kepuasan  masyarakat  juga  dilakukan  untuk  mengevaluasi  pelayanan  yang diberikan   oleh   Kantor   Lurah. Penelitian   ini   menghasilkan pemahaman mendalam  tentang  tantangan  dan  peluang  yang  dihadapi  oleh  Kantor  Lurah Lapadde  dalam  meningkatkan  administrasi  kependudukan. Implementasi   strategi   baru,   termasuk   penggunaan   teknologi   informasi, pelatihan   staf,   dan   optimalisasi  prosedur   pelayanan,   membawa   dampak positif  dalam  peningkatan  efisiensi  dan  akurasi  administrasi  kependudukan. Survei   kepuasan   masyarakat   juga   menunjukkan   peningkatan   signifikan dalam persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

References

Ahmad, M. N. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kantor Kelurahan Sawagumu Kota Sorong. AL-KHIDMAH Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 2(2), 83. https://doi.org/https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/

Hasna Faridah, R. H. (2021). Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Pengantar Nikah Dilihat Dari Aspek Responsiveness (Ketangapan) Pada Kantor Kelurahan Jangkung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. JAPB: Jurnal Administrasi Publik, 4(2), 1045. https://doi.org/Http://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB

Prio Nugroho, Tri Mulyani, A. P. S. (2023). Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Akhir Pekan Dan Malam Hari Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Semarang Law Review (SLR), 3(2), 39.

Ramadianti, E. (2020). Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Kematian Di Kantor Lurah Banjar Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang. Governance, Jurnal S-1 Ilmu Pemerintahan, 5(4), 9. https://doi.org/DOI: http://jurmafis.untan.ac.id

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wati, N. E. A. (2020). Implementasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Tanjung Mas Kota Semarang Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Universitas Semarang.

Downloads

Published

2025-02-06

Issue

Section

Articles