WORKSHOP PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEWIRAUSAAHN PADA DESA O’BESI KECAMATAN MOLLO UTARA

Authors

  • Serlinia R. Anawoli Institut Pendidikan Soe
  • Migdes C. Kause KAUSE Institut Pendidikan Soe
  • Yefris A. Selan Institut Pendidikan Soe
  • Sam Nubatonis Institut Pendidikan Soe
  • Yohanes A.M Seran Institut Pendidikan Soe

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i4.5007

Keywords:

Digital Literacy, Entrepreneurship, Women

Abstract

. Kewirausahaan  (entrepreneurship)  merupakan kemampuan  yang  di  dalam  nya mempunyai sifat  yang kreatif dan inovatif. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk memberdayakan kaum perempuan melalui literasi digital dalam kegiatan UMKM.Pada hari jumat, tanggal 2 bualan mei 2025 Institut Pendidikan Soe pada program KKNT mahasiswa dan dosen pendamping telah melaksanakan Workshop Pemberdayaan Perempuan Melalui Literasi Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan Pada Desa O’besi Kecamatan Mollo Utara. Dalam Wworkshop tersebut telah berhasil membentuk kelompok UMKM di Desa O’besi dan juga telah mendaftarkan akun UMKM dengan nama Cita Rasa Desa O’besi.  Acara ini dimulai pukul 09.00-12.00 WITA. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah peserta kegiatan  diajarkan untuk membuat video promosi sederhana menggunakan aplikasi gratis. Peserta tidak hanya memiliki kemampuan untuk mempromosikan produk secara efektif, tetapi mereka juga lebih percaya diri dalam menggunakan teknologi untuk membuka peluang bisnis baru.

References

Anggresta, V., Maya, S., & Septariani, D. (2022). PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA. Reseacrh and Development Journal of Education, 8(1), 153–159.

Fanggidae, R., Riwu, Y., Fa’ah, Y., & Sinlae, Y. (2025). Di, Mendorong inovasi kewirausahaan perempuan melalui literasi digital Ina, GMIT Genesaret Danau. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(2), 0294 – 0301.

Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3). https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676

Mahri, J. W., Nur, C. M., Al, R., Arundina, T., Widiastuti, T., Mubarok, F., Fajri, M., & Nurasyiah, A. (2021). Ekonomi Pembangunan Islam. Depertemen Keuangan Syariah Bank Indonesia.

Nur Rahma, F., Putri Gea, A., & Wahidiyah, D. (2024). Faktor Pendorong dan Penghambat Keberhasilan Kewirausahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahan, 2(3), 365–369.

Oktaviani, R. (2024). PERAN LITERASI DIGITALTERHADAP WIRAUSAHA MUDA: STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI JAKARTA. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 10(1), 100–112.

Pugu, M., Trimawarni, A., & Dewi, S. (2025). MODEL PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PROGRAM KOPERASI DIGITAL DI WILAYAH PERKOTAAN. JOURNAL OF ECONOMY, 3(2), 62–69.

Downloads

Published

2025-06-07

Issue

Section

Articles