Penguatan Karakter Keislaman Anak Melalui Program TPA/TPQ dan Tahsin di Desa Pucangan

Authors

  • Ayunda Puspita Ningrum Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Renisa Hafsyah Salsabila Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sovia Dewi Maulita Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ardya Najwa Khaira Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Veri Dwi Adiningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Azka Aulia Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lusiana Noviawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ahmad Nurrohim Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i4.5179

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Pembelajaran Quran, Metode Pembelajaran Interaktif, Pendampingan Santri

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Quran (TPQ) melalui pendekatan yang interaktif dan efektif. Program tersebut mencakup berbagai kegiatan, antara lain pelatihan metode pembelajaran bagi para pengajar, penyediaan bahan ajar yang menarik, pendampingan santri dalam memahami serta membaca Iqro dan Al-Qur’an dengan tepat, serta penyelenggaraan permainan edukatif yang ramah dan disukai anak-anak. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar, memperdalam pemahaman terhadap nilai-nilai Islam, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan mengajar para pendidik, serta perbaikan pemahaman dan hafalan Al-Qur’an di kalangan santri. Selain itu, kegiatan ini berhasil mempererat hubungan antara mahasiswa, pendidik, dan santri. Di masa mendatang, model kegiatan ini diharapkan dapat diadopsi oleh TPQ lain guna mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik.

References

Al-hidayah, S. (n.d.). PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN AL- QUR’AN (TPA) PASCA PANDEMI Syaeful Rokim, Rahendera Maya, Agus Yuspiain, Hasnil Hasyim. 49–62.

Islam, U., Dahlan, A., Islam, U., & Dahlan, A. (2023). Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Melalui Bimbingan Belajar Tahsin di SD No 271 Waetuo. 2(1), 30–35.

Metode, P., Untuk, T., & Kottabarat, K. (2023). Jurnal pema tarbiyah. 2(1), 50–68.

Quraini, L. F., Hasan, M. M., Hukum, F., Abdurachman, U., Situbondo, S., Pertanian, F., Abdurachman, U., & Situbondo, S. (2024). PEMBIMBINGAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR ’ AN ( TPQ ) AL-KAROMAH KALIBAGOR. 68–72.

Taman, P., Al-qur, P., Melalui, T. P. Q., & Sdm, P. (2022). di Desa Paron , Kecamatan Bagor , Kabupaten Nganjuk. 3(2).

Thoriq, M., Al-fath, M. R., & Wibowo, E. (2024). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran ( TPA ) dalam Mengembangkan Kualitas Bacaan Qur ’ an pa da Murid Sebagai Kader Guru TPA. 5(2).

Downloads

Published

2025-06-16

Issue

Section

Articles