Revitalisasi Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Kesadaran Sipil Perspektif Sosiologi Pendidikan

Authors

  • Dwi Nur Anjani Universitas Negeri Jakarta
  • Sulistia Salsabiilaa Universitas Negeri Jakarta
  • Salsabila Salsabila Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Fadhil Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i4.5226

Keywords:

Kesadaran Sipil, Pendidikan Islam, Revitalisasi, Sosiologi Pendidikan

Abstract

Makalah ini membahas peran pendidikan Islam dalam membentuk kesadaran kewarganegaraan siswa melalui sudut pandang sosiologi pendidikan. Penelitian ini dimotivasi oleh berbagai tantangan seperti globalisasi, digitalisasi, dan kurangnya integrasi nilai-nilai kewarganegaraan dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode telaah pustaka digunakan. Data dikumpulkan dari berbagai literatur ilmiah yang relevan dan dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa PAI memiliki potensi yang signifikan dalam menumbuhkan kesadaran kewarganegaraan melalui internalisasi nilai-nilai Islam seperti tanggung jawab, keadilan, dan empati. Namun, diperlukan upaya revitalisasi, termasuk reformasi kurikulum kontekstual, integrasi teknologi, dan peningkatan kompetensi guru, untuk memastikan bahwa PAI tetap relevan dengan tuntutan kontemporer. Penelitian ini memberikan kontribusi secara konseptual terhadap pengembangan pendidikan Islam yang tidak hanya memelihara religiusitas pribadi tetapi juga warga negara yang beretika, kritis, dan terlibat.

References

Ahdar & Musyarif (2019). Tantangan Pendidikan Islam di Indonesia pada era globalisasi. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 14–28.

Alfian, R. N., & Ilma, M. (2023). Menakar Peluang dan Tantangan dalam Membidik Strategi Pendidikan Islam di Era Globalisasi. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 71-83.

Aprillia, M. P., & Iryanti, S. S. (2024). Revitalisasi Pendidikan Islam Di Era Digital: Membangun Keseimbangan Antara Tradisi Dan Inovasi. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 25–44.

Arifin, S. (2016). Revitalisasi Pendidikan Islam Sebagai Pendidikan Berbasis Masyarakat. Kariman, 04(01), 19–42.

Dayah, R. K., & Hatta, M. (2024). JURNAL SEUMUBEUET : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM Revitalisasi Kurikulum Dayah dalam Membangun Kesadaran Politik Berbasis Akhlak Islami. 180–192.

Fitriani, E. (2023). Kajian Sosiologis Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Qalam: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Harahap, N. I. Y., Hanani, S., Iqbal, M., & Pratama, A. R. (2024). Peran pendidikan Islam dalam mempertahankan integrasi sosial: Pandangan Emile Durkheim dalam sosiologi pendidikan. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 01-11.

Hidayat, NASN, & Dewi, DA (2021). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Terhadap Implementasi Nlai-Nilai Pancasila di Era Globalisasi. EduPsyCouns: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling , 3 (1), 50-57. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1265

Jamil, S., Irawati, I., Taabudilah, M. H., & Haryadi, R. N. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kesadaran Sosial dan Kemanusiaan. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 35-38.

Jazuli, S. (2024). REVITALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: DARI TEORITIS MENJADI PRAKTIS. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP).

Johan, B., Husnah, F. M., Puteri, A. D., Hartami, H., Rahmah, A. A., & Adnin, A. R. J. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam Konteks Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 13-13.

Kurniawan, R., Santi, K. A., & Sopian, A. (2024). Pendidikan Dalam Perspektif Teori Sosiologi. EDUCATE: Journal of Education and Culture, 2(03), 412-423.

Kurniawan, W., Sriwahyuni, T., & Zen, B. Y. (2025). Revitalisasi Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi : Membangun Mahasiswa Yang Intelektual dan Spiritual. 2.

Komara, E. (2024). Pendidikan Islam Masyarakat Madani dalam Perspektif Sosiologi. 16. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v16i2.5671

Lanza, A. D., & Nasrullah, D. M. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa SD. NAAFI: JURNAL ILMIAH MAHASISWA, 1(6), 84-91.

Mulia, R. F., Pertiwi, S. P., & Mufida, E. (2024). Peran Sosiologi Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Hikamatzu| Journal of Multidisciplinary, 1(2), 428-429.Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 867-875.

Mutia Nur Putri, R., Nulhakim, A., Junaidi Nasution, H., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549

Radikalisme, P. (2024). E-ISSN : 2792-0876 Revitalisasi Pendidikan Karakter dalam PAI sebagai Upaya. 5(5), 1601–1613. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v5i2.1172

Radiyah, I. (2024). Revitalisasi Pendidikan Islam di Indonesia Menggapai Generasi Emas. Journal of Instructional and Development Researches, 4(5), 391-401.

Rozaq, A., & Sa’adah, N. (2024). Pendidikan Agama Islam berbasis budaya sekolah dalam pengembangan kesadaran spiritual. Jejak Pembelajaran: Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(5), 196–208.

Santika, IGN (2021). Pendidikan Kewarganegaraan: Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945. https://osf.io/preprints/xzndg/

Santi, D. (2025). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANUSIA DI ERA REVOLUSI 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Setiyani, R. (2024). TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(1).

Sundari, E. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.8734/CAUSA.v1i2.365

Syamsunardi, S. P., Syarif, H. E., Maddatuang, M. S., Syam, N., & Nur, N. H. (2025). SOSIOLOGI PENDIDIKAN. PT Penerbit Qriset Indonesia.

Downloads

Published

2025-06-17

Issue

Section

Articles