PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN MANAJEMEN KEUANGAN DI DESA CIKEUTING UDIK, KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Adelia Dwi Sagita Universitas pelita bangsa

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i4.5413

Keywords:

UMKM, digital marketing, manajemen keuangan, pengabdian masyarakat, Cikeuting Udik

Abstract

Desa Cikeuting Udik di Kabupaten Bekasi merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam bidang kuliner, kerajinan tangan, dan produk rumah tangga. Namun, keterbatasan pengetahuan pelaku UMKM dalam pemasaran digital dan manajemen keuangan menjadi hambatan utama dalam pengembangan usaha. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui pelatihan digital marketing dan pencatatan keuangan sederhana. Metode yang digunakan adalah penyuluhan, pelatihan praktik langsung, dan pendampingan. Kegiatan ini melibatkan 30 pelaku UMKM setempat. Hasilnya menunjukkan bahwa 85% peserta mengalami peningkatan pemahaman dalam penggunaan media sosial sebagai sarana promosi dan 70% mampu menyusun laporan keuangan dasar secara mandiri. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam membangun kemandirian dan daya saing UMKM lokal. Disarankan adanya program lanjutan berupa inkubasi bisnis dan akses permodalan.

 

Kata kunci: UMKM, digital marketing, manajemen keuangan, pengabdian masyarakat, Cikeuting Udik

References

Arnita, D., & Yustati, H. (2024). PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING DAN STRATEGI PERMODALAN. Jurnal Pengabdian Mandiri, 3(11), 1031-1038.

Awaluddin, S. P., Saidy, E. N., Imran, U. D., Kamaluddin, L. O. A., & Djafar, L. M. S. L. K. (2025). Pemberdayaan SDM UMKM dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital melalui Pelatihan Digital Marketing dan Pemanfaatan Aplikasi POS di Kabupaten Gowa. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 724-731.

Maharani, S., & Yoviani, T. (2024). Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing dan Strategi Permodalan. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 184-190.

Nuryatno, M., Mulyani, S. D., Nugraha, E. R., Jovanka, F., & Resi, E. E. (2025). TRANSFORMASI DIGITAL–STRATEGI UMKM UNTUK BERDAPTASI DI ERA INDUSTRI 4.0 MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN. Jurnal Abdikaryasakti, 5(1), 25-42.

Puspasari, S., Kom, M., Setiawan, H., Viatra, A. W., Yustini, T., Heriansyah, R., & Alie, M. (2023). Pemberdayaan UMKM Kain Tenun Songket dan Kain Jumputan Binaan LPP-PEKKA Yayasan Masjid Agung Palembang untuk Meningkatkan Skala Produksi dan Pewarna Alami. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(3), 187-194.

Safitri, S., Marcheren, A. G., Fauziah, A., Rahma, A. D., Guci, L. P., Wijayanti, M. R., ... & Hasanah, U. (2024). Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing, Branding, Manajemen Keuangan dan Sertifikasi Halal pada UMKM Desa Maredan Barat. Madaniya, 5(1), 112-119.

Sodiq, F., & Mahmudi, A. A. (2022). Penerapan teknologi informasi untuk pemberdayaan tim penggerak pkk desa waru rembang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 165-176.

Tohari, A., Faisol, F., Fauzi, D. A. S., Prayogy, M. D., & Khoiriyah, W. (2025). Pemberdayaan ekonomi lokal: Pendampingan digital marketing untuk UMKM Jatirejo. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1-9.

Zainuri, Z., Viphindrartin, S., Wilantari, R. N., Amijaya, R. N. F., Imamudin, I., & Roziq, A. (2024). Pemberdayaan UMKM batik khas Jember Desa Sumberpakem melalui pelatihan desain dan digital marketing: peran teknologi online dalam meningkatkan akses pasar dan profitabilitas. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4), 4186-4193.

Downloads

Published

2025-06-24

Issue

Section

Articles