Eksplorasi Debat Bahasa Indonesia untuk Memperkuat Literasi Lisan di Sangatta
DOI:
https://doi.org/10.61722/japm.v3i4.5510Keywords:
debat, literasi lisan, pengabdian masyarakatAbstract
Literasi lisan merupakan keterampilan fundamental yang mencakup kemampuan berbicara dan menyimak dalam konteks pembelajaran abad ke-21, namun siswa SMA sederajat di wilayah Sangatta masih menghadapi kendala dalam mengembangkan keterampilan berbicara, khususnya dalam hal kepercayaan diri dan kemampuan berpikir kritis. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi lisan siswa melalui penyelenggaraan lomba debat bahasa Indonesia sebagai sarana penguatan keterampilan berbicara dan kemampuan berpikir kritis. PKM dilaksanakan dalam empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan dengan menggunakan sistem parlemen Asia dalam format eliminasi yang melibatkan 12 sekolah dari Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang, dimana peserta dinilai berdasarkan tiga kriteria yaitu isi, penyampaian, dan strategi sesuai pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan berbicara peserta dalam tiga aspek penilaian debat, dimana peserta menunjukkan kemajuan dalam penguasaan materi argumentasi, teknik penyampaian yang meliputi kontrol sikap tubuh dan volume suara, serta strategi pengelolaan waktu debat, sementara kemampuan berpikir kritis peserta juga berkembang melalui proses penyusunan logika argumentasi dan analisis data konkret. Lomba debat bahasa Indonesia terbukti efektif sebagai sarana penguatan literasi lisan di era digital yang berhasil meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum dan mengembangkan kemampuan argumentasi yang terstruktur, dengan rekomendasi untuk kegiatan serupa meliputi perpanjangan alokasi waktu, pelatihan pra-lomba yang intensif, dan integrasi teknologi digital.
References
Anggraini, S. (2016). Budaya Literasi Dalam Komunikasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 181–279.
Febriani, M., & Nugraha, C. (2018). Penguatan Literasi Lisan Melalui Kompetensi Debat Bahasa Indonesia Dengan Sistem Debat Nusantara Tingkat Smk Di Kota Tegal. Snkppm, 1, 40–43. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm/article/view/19%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm/article/download/19/19
Fitriani, A., Zubaidah, S., & Hidayati, N. (2022). The quality of student critical thinking: A survey of high schools in Bengkulu, Indonesia. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(2), 142-149.
Hapsari, N. K. A. W., Sastromiharjo, A., & Cahyani, I. (2022). Debat Asian Parlementer Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Pada Siswa Sma. Riksa Bahasa, 121–128. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa
Lestari, D. T., Kusumaningrum, S. R., Anggraini, A. E., & Dewi, R. S. I. (2024). Oral Language Skills of Elementary School Students to Support Multiliteracy Learning in the Digital Era. Indonesian Values and Character Education Journal, 7(1), 1-11.
Majidi, A. E., Graaff, R. D., & Janssen, D. (2023). Debate pedagogy as a conducive environment for L2 argumentative essay writing. Language Teaching Research, 13621688231156998.
Nisa, K., & Nasution, W. N. A. (2019). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Perlombaan Debat. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat., 1(1), 18–22.
Nugroho, W., Afidah, F., Kudori, M. N., Leviliano, T. F., Prasojo, H. R., Anindya, A., & Agoestin, A. A. (2023). Peningkatan Potensi Wisata Umbulan Desa Jajar Melalui Pendampingan Pengelolaan Ekowisata Berbasis Industri Kreatif Desa Wisata Kabupaten Trenggalek. Abdimas Universal, 5(2), 289–296. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v5i2.345
Puspita, R., Purwadi, A. J., & Kurniawan, R. (2021). Pembelajaran Debat Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 130–141. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.12609
Retnowaty, R., Indriawati, P., Yuniarti, S., Musdolifah, A., Casmudi, C., Istianingrum, R., & Permatasari, B. I. (2025, Januari 4). Pengenalan World Schools Style of Debating di Tingkat SMK se Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wadah Publikasi Cendekia, 2(1), 6–12.
Riadil, I. G. (2020). Does oral presentation affect the development of the STUDENTS’ABILITY to speak in efl classroom. Social Sciences, Humanities and Education Journal (SHE Journal), 1(2), 13-21.
Rohimawati, U. (2019). Menyimak Debat. https://osf.io/preprints/inarxiv/2v4j8/%0Ahttps://osf.io/preprints/inarxiv/2v4j8/download
Tarigan. (2018). Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat Dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik Pada Mahasiswa Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 92.
Tazkiya, A., Aldiansyah, M., Sonia, G., & Saparingga, H. S. (2021). Meraih keberhasilan negosiasi bisnis melalui keterampilan berkomunikasi. Jurnal sosial dan sains, 1(5), 345-358.
Yanti, D., Prastawa, S., Utomo, W. F., Wiliyanti, V., & Utomo, B. (2024). Pendidikan di Revolusi Industri 4.0: Studi Kasus Evaluasi Kurikulum Merdeka di Indonesia: Education in the Industrial Revolution 4.0: A Case Study of Independent Curriculum Evaluation in Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 380-390.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL AKADEMIK PENGABDIAN MASYARAKAT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









