Eksplorasi Debat Bahasa Indonesia untuk Memperkuat Literasi Lisan di Sangatta

Authors

  • Sesi Marselina Sinambela Universitas Balikpapan
  • Ari Musdolifah Universitas Balikpapan
  • Besse Intan Permata Sari Universitas Balikpapan
  • Rika Istianingrum Universitas Balikpapan
  • Retnowaty Retnowaty Universitas Balikpapan
  • Kiftian Hady Prasetya Universitas Balikpapan
  • Prita Indriawati Universitas Balikpapan
  • Casmudi Casmudi Universitas Balikpapan
  • Nuraini Nuraini Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i4.5510

Keywords:

debat, literasi lisan, pengabdian masyarakat

Abstract

Literasi lisan merupakan keterampilan fundamental yang mencakup kemampuan berbicara dan menyimak dalam konteks pembelajaran abad ke-21, namun siswa SMA sederajat di wilayah Sangatta masih menghadapi kendala dalam mengembangkan keterampilan berbicara, khususnya dalam hal kepercayaan diri dan kemampuan berpikir kritis. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi lisan siswa melalui penyelenggaraan lomba debat bahasa Indonesia sebagai sarana penguatan keterampilan berbicara dan kemampuan berpikir kritis. PKM dilaksanakan dalam empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan dengan menggunakan sistem parlemen Asia dalam format eliminasi yang melibatkan 12 sekolah dari Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang, dimana peserta dinilai berdasarkan tiga kriteria yaitu isi, penyampaian, dan strategi sesuai pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan berbicara peserta dalam tiga aspek penilaian debat, dimana peserta menunjukkan kemajuan dalam penguasaan materi argumentasi, teknik penyampaian yang meliputi kontrol sikap tubuh dan volume suara, serta strategi pengelolaan waktu debat, sementara kemampuan berpikir kritis peserta juga berkembang melalui proses penyusunan logika argumentasi dan analisis data konkret. Lomba debat bahasa Indonesia terbukti efektif sebagai sarana penguatan literasi lisan di era digital yang berhasil meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum dan mengembangkan kemampuan argumentasi yang terstruktur, dengan rekomendasi untuk kegiatan serupa meliputi perpanjangan alokasi waktu, pelatihan pra-lomba yang intensif, dan integrasi teknologi digital.

References

Anggraini, S. (2016). Budaya Literasi Dalam Komunikasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 181–279.

Febriani, M., & Nugraha, C. (2018). Penguatan Literasi Lisan Melalui Kompetensi Debat Bahasa Indonesia Dengan Sistem Debat Nusantara Tingkat Smk Di Kota Tegal. Snkppm, 1, 40–43. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm/article/view/19%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snkppm/article/download/19/19

Fitriani, A., Zubaidah, S., & Hidayati, N. (2022). The quality of student critical thinking: A survey of high schools in Bengkulu, Indonesia. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(2), 142-149.

Hapsari, N. K. A. W., Sastromiharjo, A., & Cahyani, I. (2022). Debat Asian Parlementer Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Pada Siswa Sma. Riksa Bahasa, 121–128. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa

Lestari, D. T., Kusumaningrum, S. R., Anggraini, A. E., & Dewi, R. S. I. (2024). Oral Language Skills of Elementary School Students to Support Multiliteracy Learning in the Digital Era. Indonesian Values and Character Education Journal, 7(1), 1-11.

Majidi, A. E., Graaff, R. D., & Janssen, D. (2023). Debate pedagogy as a conducive environment for L2 argumentative essay writing. Language Teaching Research, 13621688231156998.

Nisa, K., & Nasution, W. N. A. (2019). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Perlombaan Debat. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat., 1(1), 18–22.

Nugroho, W., Afidah, F., Kudori, M. N., Leviliano, T. F., Prasojo, H. R., Anindya, A., & Agoestin, A. A. (2023). Peningkatan Potensi Wisata Umbulan Desa Jajar Melalui Pendampingan Pengelolaan Ekowisata Berbasis Industri Kreatif Desa Wisata Kabupaten Trenggalek. Abdimas Universal, 5(2), 289–296. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v5i2.345

Puspita, R., Purwadi, A. J., & Kurniawan, R. (2021). Pembelajaran Debat Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 130–141. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.12609

Retnowaty, R., Indriawati, P., Yuniarti, S., Musdolifah, A., Casmudi, C., Istianingrum, R., & Permatasari, B. I. (2025, Januari 4). Pengenalan World Schools Style of Debating di Tingkat SMK se Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wadah Publikasi Cendekia, 2(1), 6–12.

Riadil, I. G. (2020). Does oral presentation affect the development of the STUDENTS’ABILITY to speak in efl classroom. Social Sciences, Humanities and Education Journal (SHE Journal), 1(2), 13-21.

Rohimawati, U. (2019). Menyimak Debat. https://osf.io/preprints/inarxiv/2v4j8/%0Ahttps://osf.io/preprints/inarxiv/2v4j8/download

Tarigan. (2018). Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat Dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik Pada Mahasiswa Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 92.

Tazkiya, A., Aldiansyah, M., Sonia, G., & Saparingga, H. S. (2021). Meraih keberhasilan negosiasi bisnis melalui keterampilan berkomunikasi. Jurnal sosial dan sains, 1(5), 345-358.

Yanti, D., Prastawa, S., Utomo, W. F., Wiliyanti, V., & Utomo, B. (2024). Pendidikan di Revolusi Industri 4.0: Studi Kasus Evaluasi Kurikulum Merdeka di Indonesia: Education in the Industrial Revolution 4.0: A Case Study of Independent Curriculum Evaluation in Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 380-390.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles