Sosialisasi Cara Penggunaan Website Pelayanan Service Jasa dan UMKM Desa Blimbing Menggunakan QR Code

Authors

  • Saiful Bahri Universitas Wahid Hasyim
  • Suseno Hadi Purnomo Universitas Wahid Hasyim
  • Adek Saputra Universitas Wahid Hasyim
  • Endang Retno Universitas Wahid Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i3.5643

Keywords:

Desa Blimbing, Jasa, Sosialisasi, UMKM, Website.

Abstract

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah website layanan yang menghubungkan penyedia jasa dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Desa Blimbing, Kabupaten Kendal. Website ini dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas, visibilitas, dan keterjangkauan bagi masyarakat lokal yang ingin menggunakan jasa atau produk dari UMKM. Metode pengembangan yang digunakan adalah pendekatan pengembangan berbasis website dengan tahapan analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa website layanan ini berhasil dibangun dan memberikan kontribusi positif dalam memperluas jangkauan pasar serta mempermudah transaksi antara penyedia jasa dan konsumen. Kegiatan ini memiliki implikasi penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan pengembangan UMKM di wilayah tersebut.

 Kata kunci: Desa Blimbing, Jasa, Sosialisasi, UMKM, Website.

References

H. Hartono, “Pengertian Website dan Fungsinya,” Ilmu Teknol. Inf., pp. 1–7, 2017.

Z. N. Imawan and B. Sucento, “Analisa Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Pelayanan Jasa Pada Pemegang Kartu Kredit Everyday Bank Mandiri Di Jakarta,” J. Bus. Strateg. Exec., vol. 1, no. 2, pp. 387–400, 2013.

Yuli Rahmini Suci, “Usaha Mikro, Kecil dan Menengah,” UU No. 20 Tahun 2008, no. 1, pp. 1–31, 2008.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles