Implementasi Penguatan Kapasitas Digital Pelaku Usaha SW Souvenir & Accessories Store di Batam melalui Pemanfaatan Digital Marketing

Authors

  • Riki Riki Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galieo
  • Dadi Akhmad Perdana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo
  • Putu Rani Susanthi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i4.5784

Keywords:

Era Digitalisasi, Kapasitas Strategi Pemasaran Digital, Pengembangan Usaha

Abstract

Seiring perkembangan zaman dan teknologi digitalisasi saat ini mampu mengubah hidup masyarakat secara global, dan mempengaruhi prilaku manusia dalam berinteraksi satu dengan yang lainnya secara mudah dan cepat. Kegiatan ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi strategi digital marketing dalam pengembangan usaha Toko SW Souvenir & Accessories Batam di era digitalisasi saat ini. Mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi penerapan strategi digital marketing, hambatan dan kendala – kendala dalam pengembangan usaha, dan teknik serta upaya implementasi strategi-strategi digital marketing yang dilakukan oleh pelaku usaha Toko SW Souvenir & Accessories Batam. Metode yang digunakan adalah dikemas dalam bentuk pendampingan dan diskusi interaktif, yang memberikan wawasan mendalam tentang fenomena-fenomena yang telah terjadi di masyarakat dari hasil pengamatan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi secara mendalam tentang implementasi strategi digital marketing dalam pengembangan usahanya melalui media sosial, serta menggali potensi dan tantangan yang dihadapi di era digitalisasi. Dengan demikian, kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu memberikan sebuah informasi dan ilmu stretegi yang baik dan efektif bagi para pelaku usaha lainnya. Dengan mengoptimalkan digital marketing dalam meningkatkan pengembangan usaha di era digitalisasi yang terus berkembang sampai saat ini.

References

Czinkota, M. R., Kotabe, M., Vrontis, D., & Shams, S. M. R. (2021). An Overview of Marketing (pp. 1–42). Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-66916-4_1

Erwin, E., Cindrakasih, R. R., Sari, A., Hita, Boari, Y., Judijanto, L., & Tadampali, A. (2024). PEMASARAN DIGITAL (Teori dan Implementasi).

Freddy, R. (2016). Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia.

Garg, S. K., Deshmukh, S. G., & Vishal. (2008). Implementation of information technology: evidence from Indian SMEs. International Journal of Enterprise Network Management, 2(3), 248–267. https://doi.org/10.1504/IJENM.2008.018780

Ismawati, C. (2020). Penerapan Strategi Promotion Mix Monas Laundry. Universitas Internasional Batam.

Jatmiko, R. D. (2003). Manajemen Stratejik. Malang: Universitas. Muhammadiyah Malang Press.

Kasemsap, K. (2018). The Importance of Electronic Commerce in Modern Business (pp. 2791–2801). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2255-3.CH243

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=i4pFzwEACAAJ

Kotler, P., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing management: European edition. Pearson Higher Ed.

Nelke, M. (2012). Implementation of strategic decisions (pp. 105–113). https://doi.org/10.1016/B978-1-84334-661-6.50007-3

Ohrenych, Y., & Kurdupa, V. S. (2023). Digitalization as a factor of development and improvement of the competitiveness of enterprises in a changing market environment. 57(1), 14–21. https://doi.org/10.26661/2414-0287-2023-1-57-02

Rabie, M. (2016). Meaning of Development (pp. 7–15). Palgrave Macmillan, New York. https://doi.org/10.1007/978-1-137-57952-2_2

Skopenko, N., Kyrychenko, O., & Kyrychenko, I. (2023). Digitalization of business as a key to the growth of competitiveness and companies successful development in a dynamic business medium. Naukovì Pracì Nacìonalʹnogo Unìversitetu Harčovih Tehnologìj, 29(1), 44–56. https://doi.org/10.24263/2225-2924-2023-29-1-5

Sun, Y. J. (2022). Research on the Application of Digital Marketing in Business Operation. Highlights in Business, Economics and Management, 1, 18–23. https://doi.org/10.54097/hbem.v1i.2312

Swami, Y. K. (2023). Why Every Business Needs a Digital Marketing Strategy. International Journal For Multidisciplinary Research, 5(1). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2023.v05i01.1805

Xipan, Y., Haijun, Y., Wenchen, Z., Qian, X., & Qiang, Y. (2020). Business development method and apparatus.

Downloads

Published

2025-07-08

Issue

Section

Articles