IMPLEMENTASI PROGRAM WUDHU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERSUCI DI DESA GERINGGING JAYA
DOI:
https://doi.org/10.61722/japm.v3i4.6024Keywords:
Islamic religious education, ablution, understanding of purification.Abstract
Dalam konteks pendidikan agama Islam, pemahaman yang mendalam mengenai tata cara bersuci, khususnya berwudhu, sangat penting karena merupakan syarat utama untuk melaksanakan ibadah sholat. Namun, sering kali masyarakat khususnya anak-anak mengalami kesulitan dalam memahami tata cara berwudhu secara benar, disebabkan oleh metode penyampaian materi yang masih konvensional, menggunakan media buku yang kurang menarik dan interaktif. Oleh karena itu, pentingnya implementasi program yang inovatif dan partisipatif menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menjalankan ibadah dengan benar. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemhamana kepada anak-anak programwudhu dalam meningkatkan kualitas keagamaan pada anak-anak di Desa Geringging Jaya yang berjumlah 40 orang. Pendektan PkM yang dilakukan adalah metode praktik langsung. Hasil program wudhu di Desa Geringging Jaya menunjukkan bahwa kegiatan ini telah memberikan dampak positif terhadap kualitas keagamaan pada anak. Dengan meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya wudhu dan tahara, anak-anak menjadi lebih disiplin dalam menjalankan ibadah. Program ini tidak hanya memperkuat aspek spiritual, tetapi juga membentuk karakter yang lebih baik pada generasi muda, yang sangat penting dalam konteks pendidikan agama.
References
Akhma, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Pai Materi Wudhu Di Smpn 37 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Anurogo, D., & Napitupulu, D. S. (2023). Esensi ilmu pendidikan Islam: Paradigma, tradisi dan inovasi. Pustaka Peradaban.
Ariyati, I., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Turnitin-RAHASIA SUKSES MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAHLIAN SISWA DALAM MENULIS RECOUNT TEXT DENGAN MEDIA MADING SERTA PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PjBL). Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 7(1).
Baharuddin, S. H., Hamid, A., Mutalib, A. A., & Dalle, J. (2022). Dilemma Between Applying Coherent Principle and Signaling Principles In Interactive Learning Media. Artikel Akademis, 129.
Djuddah, S. M., Abubakar, A., & Mahfudz, M. (2024). Wudhu Dalam Tinjauan Islam, Kesehatan Jasmani Dan Psikis. Jurnal Ushuluddin, 26, 134–143.
Hamim, A. H., Muhidin, M., & Ruswandi, U. (2022). Pengertian, Landasan, Tujuan dan Kedudukan PAI Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 220–231. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.899
Hasanah, N., Purnama Sari, D., & Azwar, B. (2024). Metode Pengenalan Konsep Ibadah Pada Santri Raudhatul Athfal Rabbi Radhiyya. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Humaidy, F. (n.d.). Urgensi Penggunaan Metode Tasyjir Pada Kitab SafinatunNajah Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Ibadah Pada Santri Pondok Pesantren Ittihaadussyubbaan. JAKARTA= FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Jauhari, M. (2024). Takāful Al-Ijtimā Model Pengembangan Pendidikan Karakter Religius. CV. Bildung Nusantara.
Khusnah, I., & Akbar, F. (2022). Pengembangan Ubudiyah Anak dengan Meningkatkan Kemampuan tatacara Sholat dan Wudhu yang Benar melalui Model Pengajaran Langsung. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(2), 146–157.
Lestari, J., Susilawati, S., & Fadila, F. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Pada Anak Usia Dini Dalam Didikan Subuh di Masjid Husnul Khotimah Perumnas Citra Arka Griya Kelurahan Padang Lekat. IAIN Curup.
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik siswa kelas ii b sdn kunciran 5 Tangerang. Nusantara, 3(1), 48–62.
MELDIKA PUTRI, R., Ratnawati, R., & Amrillah, H. M. (2024). Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka SDN 77 Rejang Lebong. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
Muhammad Rizki, Adinda Rehan Ritonga, R. M. A. (2025). Pengaruh Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(3), 11–24.
Putrie, E. S., & Rohmatika, R. V. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Akhlak Remaja Di Desa Sidodadi Kecamatan Pekalongan Lampung Timur. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 8, 31–46.
Salsabila, P. A. N., Susetiyo, W. O. D., Sarira, S. F., Tomassoyan, J. A., Ramdani, M. A., Siddik, A. M. A., Sampetoding, E. A. M., Ardhana, V. Y. P., & Mulyodiputro, M. D. (2022). Rancang Bangun Website UKM Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SainsTech Innovation Journal, 5(2), 278–284.
SITI, K. (2021). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DI DALAM GERAKAN WUDHU. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Tualeka, M. W. N. (2022). Manfaat air wudhu dalam perspektif islam dan kesehatan. Jurnal Mas Mansyur, 1(1).
Wibowo, H., Nurdin, F., Nurwanti, N., Sekarningrum, B., Firsanti, F., Lesmana, A. C., Nugraha, A. M., & Yunita, D. (2024). SERI PENDIDIKAN MASYARAKAT Upaya Membangun Kesadaran tentang Urgensi Pendidikan Berkelanjutan di Masyarakat. MEGA PRESS NUSANTARA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL AKADEMIK PENGABDIAN MASYARAKAT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









