Pelatihan Komunikasi Berbasis Digital Guna Peningkatan Keterampilan Pencari Kerja di Kecamatan Kartasura
DOI:
https://doi.org/10.61722/japm.v3i3.6122Keywords:
Komunikasi Digital, Keterampilan Kerja, Pelatihan Pencari KerjaAbstract
Perkembangan pesat teknologi digital telah mendorong transformasi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di dunia ketenagakerjaan. Salah satu keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh pencari kerja di era digital adalah komunikasi berbasis platform digital. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pelatihan komunikasi digital yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan praktis para pencari kerja di Kecamatan Kartasura. Kegiatan pelatihan dilakukan secara tatap muka dengan pendekatan partisipatif yang menggabungkan penyampaian materi konseptual dan sesi praktik langsung menggunakan platform LinkedIn dan Instagram. Peserta pelatihan terdiri dari 42 individu, mayoritas lulusan SMA/SMK dan mahasiswa tingkat akhir, yang memiliki ketertarikan untuk meningkatkan daya saing di pasar kerja. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini secara signifikan meningkatkan pemahaman peserta mengenai komunikasi profesional di ranah digital serta kemampuan mereka dalam menyusun profil dan konten yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Pelatihan ini juga membuka ruang kolaboratif antar peserta dan pemateri melalui media komunikasi lanjutan seperti grup WhatsApp, yang menjadi wadah berbagi informasi lowongan kerja dan pembelajaran berkelanjutan. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi pelatihan komunikasi digital dalam program pengembangan tenaga kerja, khususnya di wilayah urban penyangga seperti Kartasura, untuk menjawab tantangan transformasi digital dalam dunia kerja.
References
Chandra, C. L. S., & Santoso, H. (2025). Strategi Komunikasi Digital Virtual Assistant Course dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja di Era Digital. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 415–425.
Gustiani, T., Ratna, W. A., & Solihat, R. (2017). Profile of students communication skills on global warming and pollution subject using conference assessment. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 396–402.
Hamdani, M. L., & Amalia, N. (2022). The effect of business digitalization, technology utilization, and financial literacy on the sustainability of MSMEs in Surakarta. Review of Management, Accounting, and Business Studies, 3(2), 160–167. https://doi.org/10.38043/revenue.v3i2.4841
Hamdani, M. L., Partini, S., Utomo, A. S., Wuryanto, T., Khasanah, C. U., & Mursidi, M. A. (2023a). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Kelurahan Banjarsari Kota Surakarta. NGABDI: Scientific Journal of Community Services, 1(3), 148–155. https://journal.csspublishing.com/index.php/ngabdi/article/view/637
Hamdani, M. L., Partini, S., Utomo, A. S., Wuryanto, T., Khasanah, C. U., & Mursidi, M. A. (2023b). Pelatihan Literasi Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Kota Surakarta. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 1(3), 118–126.
Laužikas, M., & Miliūtė, A. (2020). Human resource management effects on sustainability of high-tech companies: what Lithuania and South Korea can learn from each other. Insights into Regional Development, 2(2), 562–579.
Mucharam, A. (2022). Membangun Komunikasi publik yang efektif. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(1), 71–82.
Priyono, P. E. (2022). Komunikasi dan komunikasi digital. Guepedia.
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62.
Putri, R. N. A., & Andhita, P. R. (2021). Strategi Komunikasi Krisis Pengelola Desa Wisata Dam Jati Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 237–248.
Rohmah, T. N. (2020). Kelincahan Komunikasi dan Kualitas Kerja Sama Menuju Efisiensi Kinerja Sumber Daya Manusia Dimasa New Normal Berbasis Kompetensi Digital. Stability: Journal of Management and Business, 3(1), 70–89.
Setiawan, F., & Kurniawan, R. (2022). Pemasaran Konten dalam Komunikasi digital: Konsep dan aplikasinya pada industrI kreatif. Jurnal Komunikasi Digital, 8(3), 34–47.
Setyaningrum, I. (2023). Optimalisasi Business Matching Di Pasar Internasional Melalui Strategi Media Sosial Dengan Pendekatan Design Thinking. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 10(3), 2079–2088.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL AKADEMIK PENGABDIAN MASYARAKAT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









