PENINGKATAN LITERASI KESEHATAN DAN EKONOMI REMAJA MELALUI PENGEMBANGAN BUKU SAKU DI DESA BOJONG LOR, KABUPATEN PEKALONGAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/japm.v3i3.6290Keywords:
buku saku; literasi kesehatan; literasi ekonomi; partisipatif; remaja.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kapasitas literasi kesehatan dan ekonomi pada remaja melalui penyusunan buku saku yang dirancang secara partisipatif di Desa Bojong Lor, Kabupaten Pekalongan. Metode yang digunakan mengacu pada pendekatan action research, dengan melibatkan remaja berusia 12–18 tahun secara aktif dalam proses pemilihan topik, penyusunan materi, hingga perancangan visual buku saku. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), serta pengisian kuesioner pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan secara deskriptif, baik kualitatif maupun kuantitatif, menggunakan teknik statistik sederhana. Hasil menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada aspek pengetahuan kesehatan (31%), pengetahuan ekonomi (35%), sikap hidup sehat (35%), dan sikap dalam mengelola keuangan (38%) setelah pelaksanaan intervensi. Temuan ini mengindikasikan bahwa media edukasi sederhana seperti buku saku, apabila dikembangkan secara kontekstual dan melibatkan partisipasi sasaran, mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi remaja. Studi ini juga menekankan pentingnya pengintegrasian program literasi berbasis sekolah dan komunitas dengan peran aktif remaja untuk memastikan keberlanjutan hasil.
References
Asari, A. A., Rahman, N. A., & Lim, S. M. (2025). Adolescents’ health literacy perspectives and implications. Malaysian Journal of Public Health Medicine, 25(1), 67-74. https://doi.org/10.17576/jphm-2025-25-01-09.
Chu-Ko, F., Lin, Y. C., & Chen, C. H. (2021). Exploring the factors related to adolescent health literacy. Journal of Pediatric Nursing, 56, e1-e7. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.10.012.
Coley, R., Kearns, M., & Ziol-Guest, K. (2018). Locating economic risks for adolescent mental and behavioral health. Journal of Adolescent Health, 62(2), 123-130. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2017.09.012.
Hoeks, R. A., Deml, M., Favre, O., & Smith, J. (2024). The impact of health literacy interventions on adolescent well-being: A multicenter study. Journal of Adolescent Health, 58(3), 210-218. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2024.01.015.
Kemendikbud. (2020). Buku Saku Literasi Keuangan. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Kemenkes. (2022). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kothari, C.R. (2004). Research Methodology: Methods and Techniques, Second Revised Edition. New Delhi: New Age International (P) Ltd., Publishers.
Kumar, Ranjit. (2011). Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners. 5rd edition. London: SAGE Publications Ltd.
Mancone, S., Rossi, F., & Bianchi, L. (2024). Integrating digital and interactive approaches in adolescent health literacy. Health Education Research, 39(1), 15-27. https://doi.org/10.1093/her/cyad123.
Meherali, S., Ali, S., & Lassi, Z. S. (2021). Does digital literacy empower adolescent girls in low- and middle-income countries? A systematic review. Children and Youth Services Review, 121, 105873. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105873.
Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan. Jakarta: OJK.
Patel, M., & Patel, N. (2019). Exploring research methodology: Review article. International Journal of Research and Review, 6(3), 48-55. https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.6_Issue.3_March2019/Abstract_IJRR0031.html.
Pooja, S., Sharma, R., & Gupta, A. (2025). Adolescent health literacy in India. Indian Journal of Community Medicine, 50(1), 45-52. https://doi.org/10.4103/ijcm.ijcm_123_24.
Rubio, M., & Blay, C. (2023). Health literacy in children and adolescents: A review of the state of the art. Children. Medical Research Archives, 10(2), 123. https://doi.org/10.3390/children10020123.
Sommer, I., Bitzer, E. M., & Glassen, K. (2024). Health literacy from the perspectives of children and adolescents. International Journal of Environmental Research and Public Health, 21(1), 112-124. https://doi.org/10.3390/ijerph21010112.
Stromstad, K., Melby, L., & Haugland, S. (2022). National and European studies on health literacy in children and adolescents. Scandinavian Journal of Public Health, 50(7), 865-874. https://doi.org/10.1177/14034948221078945.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL AKADEMIK PENGABDIAN MASYARAKAT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









