Optimalisasi Film Laskar Pelangi sebagai Media Pengabdian untuk Menghidupkan Semangat Belajar Anak-Anak di Pedesaan
DOI:
https://doi.org/10.61722/japm.v3i5.6426Keywords:
Film Pendidikan, Motivasi Belajar, Pengabdian Masyarakat, Semangat BersekolahAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sebagai upaya menjawab rendahnya minat belajar dan semangat dalam menempuh jenjang pendidikan anak-anak di pekon giri tunggal, dengan memanfaatkan film Laskar Pelangi sebagai media motivasi dan pembelajaran. Tujuan utama kegiatan ini adalah menghidupkan kembali semangat belajar generasi muda sekaligus menanamkan nilai positif melalui pesan moral yang terkandung dalam film. Metode yang digunakan berupa pendekatan partisipatif yang melibatkan pemutaran film secara bersama, diskusi interaktif, serta mengungkapkan gagasan dari cita-cita besar dari anak-anak pekon giri tunggal. Tahapan kegiatan dirancang agar anak-anak tidak hanya menjadi penonton pasif, tetapi juga mampu merefleksikan nilai perjuangan, kerja keras, dan pentingnya pendidikan sebagaimana ditampilkan dalam film. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya antusiasme siswa dalam mengikuti proses belajar, serta keberanian mengekspresikan impian diri, dan meningkatnya kesadaran tentang arti penting pendidikan bagi masa depan. Dengan demikian, optimalisasi film Laskar Pelangi terbukti efektif sebagai media pengabdian masyarakat yang mampu menumbuhkan kembali semangat belajar dan samangat bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi di wilayah pedesaan.
References
Effendi, B. (2021). Penggunaan Media Film Dalam Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 2(1), 59-68.
Faisal, S. A., Dahlan, S., & Andrianto, R. E. (2019). Pengaruh Film Laskar Pelangi pada Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(2)
Haq, I. M., Rahma, N. S., Febriani, S., Arfianti, S. D., & Arochman, T. (2024). Memahami Pesan dalam Film Laskar Pelangi 1 dengan Tinjauan Semiotik. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 4(2), 140-157. doi.org/10.31539/literatur.v4i2.8616
Lidya, Y. R. (2010). Efek Film Laskar Pelangi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 007 Kampung Baru Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Nabila, D., & Ariyanto, R. D. (2022). Sinema Edukasi: Sebuah Gagasan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Melalui Tayangan Film. Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), (Vol. 5, pp. 751-761).
Prihatin, D. M., & Sadijah, N. A. (2025). Psikoedukasi terhadap Motivasi Belajar Anak melalui Penayangan Film Laskar Pelangi pada Siswa SDN Parungmulya. Abdima jurnal pengabdian mahasiswa, 4(1), 10194-10202.
Purwanti, S. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131-145.
Yuliani, D., Suriani, I., & Baharuddin, W. (2022). Pendampingan Menonton Film Laskar Pelangi Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak Dikelurahan Anday Manokwari. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 96-102.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL AKADEMIK PENGABDIAN MASYARAKAT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.