Analisis Indeks Kepuasan Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi

Authors

  • Gita Oktaviani Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i6.6771

Keywords:

administration services; community satisfaction; population; public service quality.

Abstract

Public services in the field of population administration play a crucial role in fulfilling citizens’ rights and improving government performance. This study aims to analyze the Community Satisfaction Index (CSI) regarding the quality of services provided by the Department of Population and Civil Registration of Bukittinggi City. The research employed a quantitative descriptive method with survey techniques using questionnaires distributed to service users. Data were processed by calculating the satisfaction index based on predetermined indicators. The findings indicate that the overall level of community satisfaction falls into the “good” category, although some service aspects such as waiting time and service clarity still require improvement. These results provide valuable input for the agency in formulating strategies to enhance service quality and strengthen public trust.

References

Akhyar, M. 2025. “Analisis Kepuasan Pengguna Sipenduk Online Dalam Mendukung Implementasi Pelayanan Publik Di Kabupaten Rembang Menggunakan EUCS.” IHSAN Jurnal Pendidikan Islam 3: 1–16. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan.

Aptriyud Didii, Wendra Yunaldi & Nessa Fajriyana Farda Fakultas. 2023. “Efektivitas Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Tepadu Kecamatan Di Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi.” Wikipedia 1(2): 146–61.

Azizah, Nur, Rahayu Kusuma Dewi, and Cecep Wahyu Hoerudin. 2022. “Efektivitas Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang.” JurnalIlmiahMahasiswaFISIPUSK 7(4): 1–11.

Batubara, Asraaf Efendi. 2023. “Analisis Ekspor Impor Kelapa Sawit Indonesia Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.” (1978): 1–10.

Digital, Kependudukan, Kata Kunci, Identitas Kependudukan, Kualitas Layanan, and Administrasi Publik. 2025. “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL ( IKD ) DI KECAMATAN SUKOMORO KABUPATEN MAGETAN Titin Suwartini S1 Ilmu Administrasi Negara , Universitas Negeri Surabaya , Titin.23549@mhs.Unesa.Ac.Id Deby Febriyan Eprilianto S1 Ilmu Administrasi Negara , Universitas Negeri Surabaya , Debyeprilianto@unesa.Ac.Id Abstrak.” 5.

Firmansyah, Moch Andre, and Rosyidatuzzahro Anisykurlillah. 2023. “Efektivitas Program Pelayanan Identitas Kependudukan Digital Di.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober 19(19): 510–17. https://doi.org/10.5281/zenodo.8412238.

Futum Hubaib, Jamil Bazarah, Ahmad Jubaidi, dan. 2021. “KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia).” Dedikasi 22(2): 105. doi:10.31293/ddk.v22i2.5860.

Harahap, Novita Sari, Muhammad Irwansyah Hasibuan, Fakultas Ekonomi, and Universitas Labuhanbatu. 2025. “YUME : Journal of Management Analisis Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan.” 8(2): 1169–79.

Huda, Mifthul, Slamet Wiyono, M. Fikri Hidayatullah, and Saeful Bahri. 2020. “Studi Kasus: Sistem Informasi Dan Pelayanan Administrasi Kependudukan.” Komputika : Jurnal Sistem Komputer 9(1): 59–65. doi:10.34010/komputika.v9i1.2518.

Irawan, Muhammad Naufal. 2024. “Kualitas Pelayanan Publik Dinas Sosial Kota Padang Pada Bidang Penanganan Fakir Miskin Tahun 2023.” : 1–146.

Julianti, Indah Cikita, Kusdarini Kusdarini, and Roni Ekha Putera. 2025. “Strategi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayan.” Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan 7(1): 12. doi:10.20527/jpp.v7i1.11661.

Nurdayati dkk. 2021. 3(5): 6.

Ramadhan, Ruslan. 2024. “In Konsep Good Governance Dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur.” Saraq Opat: Jurnal Administrasi Publik 6(1): 55–67. doi:10.55542/saraqopat.v6i1.328.

Wahyu, Apriyansyah. 2016. “Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Pandeglang.” analisis indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil (DISDUKCAPIL) kabupaten pandeglang: 96.

Yulifda Elin Yuspita, and Muhammad Rezeki. 2022. “Sistem Informasi Pusat Pengaduan Pelayanan Masyarakat Menggunakan Work System Framework.” Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika 1(3): 01–13. doi:10.55606/jtmei.v1i3.451.

Downloads

Published

2025-10-16

Issue

Section

Articles