Pendampingan Intensif Kegiatan Keagamaan di Ma’had At-Taqwa MAN Kota Palangka Raya

Authors

  • Melanie Putri Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Redha Anshari Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Norliana Norliana Universitas Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v3i6.6912

Keywords:

Kegiatan keagamaan; Ma’had At-Taqwa; Participatory Action Research; Pendampingan keagamaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpelaksanaan pendampingan intensif kegiatan keagamaan di Ma’had At-Taqwa MAN Kota Palangka Raya serta peranpeneliti sebagai musyrifah pengganti dalam mendukungterciptanya lingkungan religius di madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), di mana peneliti terlibat langsung dalamkegiatan pendampingan selama tujuh hari, terhitung daritanggal 18 hingga 24 Agustus 2025. Kegiatan keagamaanyang didampingi meliputi shalat berjamaah, tahsin dan tahfizh, muhadhoroh, serta kajian-kajian keislaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan intensifberperan penting dalam menjaga keteraturan pelaksanaanibadah, meningkatkan partisipasi siswa, serta memperkuatpemahaman dan pengamalan nilai-nilai keislaman di lingkungan Ma’had. Selain itu, kegiatan ini juga memberikanpengalaman langsung bagi peneliti dalam proses pembinaankarakter Islami peserta didik. Dengan demikian, pendampingan intensif kegiatan keagamaan di Ma’had At-Taqwa MAN Kota Palangka Raya terbukti berkontribusipositif terhadap penguatan aspek spiritual, kedisiplinan, tanggung jawab, dan pembentukan karakter religius siswa.

References

Awaliyani, S. A., & Ummah, A. K. (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadhoroh. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 246–252.

Hapsari, T. T., Agus, M., & Sari, H. P. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Globalisasi. Ikhlas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/ikhlas.v2i3.767

Leu, B. (2020). PEMBELAJARAN TAHSIN TILAWAH AL-QUR’AN UNTUK PEMBACA PEMULA. 2(2), 167–186.

Muhabibudin, N., & Latifah, N. (2023). ASSISTANCE STUDENT SERVICE ACTIVITIES AT HUBBUL WATHON ISLAMIC. Al Basirah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(November), 122–130.

Puteri, V. A. (2021). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Irsyad Islamic Boarding School Bulaan Kamba Kubang Putiah Kabupaten Agam Sumatera Barat.

Siswadi, & Syaifuddin, A. (2024). 111-125+Siswadi. Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD)Lamongan, 19(02), 111–125. https://doi.org/10.55352/uq

Downloads

Published

2025-11-04

Issue

Section

Articles