Integrasi Game Edukatif dan Lagu Interaktif dalam Pengajaran Fonik Bahasa Inggris pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Widyarti Ali Universitas Negeri Gorontalo
  • Dewi Dama Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.61722/japm.v4i1.7570

Keywords:

early childhood; English literacy; games; phonics; songs.

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan memperkuat literasi dasar bahasa Inggris anak-anak melalui peningkatan kemampuan mengenali dan menghubungkan bunyi dengan huruf menggunakan pendekatan fonik yang dikemas secara menyenangkan. Pelaksanaan kegiatan memanfaatkan permainan edukatif dan lagu tematik yang dirancang sesuai perkembangan kognitif anak usia dini. Selama ini, pembelajaran bahasa Inggris di TK dan SD sering berfokus pada hafalan kosakata sehingga anak kurang memiliki kesadaran fonologis yang memadai, terutama dalam melafalkan dan membaca kata sederhana. Melalui rangkaian aktivitas fonik, permainan kelompok, serta penggunaan kartu bergambar, kegiatan ini memberikan alternatif pembelajaran yang lebih aktif dan interaktif. Guru juga terlibat dalam proses pelaksanaan sehingga memperoleh pemahaman praktis mengenai strategi fonik yang mudah diterapkan di kelas. Selain peningkatan kemampuan anak, kegiatan ini turut memperlihatkan perubahan sikap guru yang mulai memahami peran penting kesadaran fonologis dalam membaca permulaan dan menyadari perlunya strategi pembelajaran yang lebih terstruktur dan multisensori. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengenali bunyi–huruf, keberanian melafalkan kata sederhana, serta antusiasme yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris.

References

Ehri, L. C. (2005). Learning to read words: Theory, findings, and issues. Scientific Studies of Reading, 9(2), 167–188. https://doi.org/10.1207/s1532799xssr0902_4

Ehri, L. C., Nunes, S. R., Stahl, S., & Willows, D. (2001). Systematic phonics instruction helps students learn to read: Evidence from the National Reading Panel’s meta-analysis. Review of Educational Research, 71(3), 393–447. https://doi.org/10.3102/00346543071003393

Fitriani, D. (2018). The challenges of teaching English phonics in Indonesian primary schools. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 3(1), 1–10.

Gee, J. P. (2007). What video games have to teach us about learning and literacy. Palgrave Macmillan.

Levitin, D. J. (2006). This is your brain on music: The science of a human obsession. Penguin.

Lin, C. C., Chang, W. C., & Wu, C. C. (2015). Effects of phonics instruction on EFL elementary learners’ reading development. Asia-Pacific Education Researcher, 24(3), 477–486.

Medina, S. L. (1993). The effect of music on second language vocabulary acquisition. National Network for Early Language Learning, 6(3), 1–8.

Musthafa, B. (2010). Teaching English to young learners in Indonesia: Essential requirements. Educationist, 4(2), 120–125.

Snow, C. E., Burns, M. S., & Griffin, P. (Eds.). (1998). Preventing reading difficulties in young children. National Academies Press.

Vogt, M., & Echevarría, J. (2017). Teaching reading to English language learners: Differentiated literacies. Pearson.

Downloads

Published

2025-12-11

Issue

Section

Articles